Berita Kota Kupang

Nama Jalan Frans Lebu Raya, Momentum Sejarah Keluarga Lamaholot

Perubahan salah satu nama jalan protokol di Kota Kupang menjadi Jalan Frans Lebu Raya merupakan penghormatan tertinggi atas jasa mantan Gubernur NTT.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/BERTO KALU
Don Arkian, perwakilan keluarga besar Frans Lebu Raya.   

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Berto Kalu

TRIBUNFLORES.COM,KUPANG- Penamaan nama Mantan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya, pada nama jalan protokol di Kota Kupang merupakan moment bersejarah bagi keluarga besar Lamaholot.

"Sikap yang diambil keluarga atas niat baik Pemkot  Kupang adalah menjadikan momentum ini sebagai moment bersejarah. Kita tahu Pak Frans ini merupakan tokoh Lamaholot, tokoh masyarakat NTT dan bahkan tokoh nasional, " kata  Don Arkian, perwakilan keluarga Lamaholot di Kupang.

Don mengatakan, penamaan Jalan Frans Lebu Raya juga merupakan salah satu bentuk penghormatan tertinggi yang diberikan Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore. Menurutnya, selama  menjabat sebagai gubernur dan wakil Gubernur NTT, banyak karya-karya pembangunan yang sudah ditorehkan beliau untuk kemajuan NTT.

Untuk itu, Don Arkian mewakili seluruh keluarga besar Frans Lebu Raya dan keluarga besar Lamaholot menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Walikota Kupang dan seluruh jajaran Pemkot.

Baca juga: Polres Kota Kupang Naik Tipe, Kapolres Dijabat Kombes

"Penghargaan dan hormat kami yang tinggi kepada bapak walikota dan seluruh jajaran yang telah mengabadikan nama Frans lebu Raya pada sebuah jalan protokoler di Kota Kupang. Ini merupakan sebuah penghormatan tertinggi, " ucap Don Arkian.

Don menambahkan, Jalan Frans Lebu Raya akan diresmikan secara langsung oleh Walikota Kupang pada Jumat 22 April 2022.

"Jalan itu nantinya akan diresmikan langsung oleh Bapak Walikota Jefri Riwu Kore pada hari Jumat 22 April 2022 dengan titik kumpul di Bundaran Tirosa jam 4 sore," jelas dia.

Sementara itu, Yohanes Demon, perwakilan keluarga Lamatokan di Kota Kupang menuturkan, sebelumnya tidak menduga nama Frans Lebu Raya akan diabadikan sebagai nama Jalan di Kupang.

Baca juga: Pemkot Kupang Abadikan Frans Lebu Raya Sebagai Nama Jalan

Namun, menurutnya hal itu menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi seluruh keluarga besar. Dan keluarga menyambut baik hal tersebut.

"Penghargaan yang diberikan Bapak Walikota kami keluarga sambut dengan baik, dan kami harus berbesar hati untuk menyerahkan nama Frans Lebu Raya untuk menjadi nama di salah satu titik jalan di Kota Kupang, " ungkapnya.

Sebagai informasi, Nama Fans Lebu Raya akan diabadikan menjadi nama jalan di Kelurahan TDM-Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sebelum bernama Frans Lebu Raya, jalan tersebut bernamakan Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Bundaran PU.

Pergantian nama jalan itu tertuang dalam Surat Keputusan Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore Nomor 69/KEP/HK/2022 tentang Penetapan Nama Frans Lebu Raya di Kelurahan Tuak Daun Merah dan Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo Kota Kupang, pada Selasa 19 April 2022.

Baca juga: Berkas OTT Kadis PUPR Kota Kupang Diserahkan ke Inspektorat

Penamaan Jalan Frans Lebu Raya ini sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari Pemerintah Kota Kupang atas pengabdian dan jasa Frans Lebu Raya sebagai Wakil Gubernur NTT masa bhakti 2003- 2008, dan sebagai Gubernur NTT 2 periode masa bhakti 2008-2018.

Dalam surat keputusan itu, menetapkan perubahan nama jalan Perintis Kemerdekaan dan Bundaran PU menjadi jalan Frans Lebu Raya di Kelurahan Tuak Daun Merah dan Kelurahan Oebufu Kecamatan Oebobo Kota Kupang.

Jalan tersebut memiliki panjang 2,52 Km yaitu mulai dari Bundaran Tirosa sampai pada pertigaan Bundaran Oebufu.

Berita Kota Kupang lainnya


 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved