Berita Ende

Polres Ende Menjamin Keamanan Idul Fitri 1443 Hijriah

Kepolisian Resort Ende menggelar pasukan dalam Operasi Turangga 2022 untuk menjamin keamanan pelaksanaan Idul Fitri 1443 Hijriah di Ende.

Editor: Egy Moa
TRIBNFLORES.COM/ORIS GOTI
Apel Pasukan Operasi Ketupat Turangga di Markas Polres Ende, Jumat 22 April 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE-Polres Ende menggelar apel Pasukan Operasi Turangga 2022 'di Halaman Markas Polres Ende, Jumat 22 April 2022  menjamin perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Ende, Pulau  Flores berjalan aman dan kondusif.

Apel diikuti Forkopimda Kabupaten Ende, Perwira Polres Ende, Perwira Kodim 1602 Ende dan perwakilan dari beberapa instansi terkait.

Bupati Kabupaten Ende, Djafar Achmad, selaku inspektur upacara mengatakan  kendati lebaran kali ini tidak ada larangan mudik, namun masyarakat harus tetap patuh menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa terhindar dari penularan Covid 19. Ia berharap agar Polri dan TNI terus mendukung perluasan cakupan vaksinasi di Kabupaten Ende.

Lepas dari Covid 19, juga perlu dilakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dalam rangka cipta kondisi jelang operasi Ketupat dengan sasaran distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, serta petasan sehingga pelaksanaan operasi ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan oleh masyarakat.

Baca juga: Ranperda Trantibum Mangkrak Enam Tahun di DPRD Ende

"Dengan operasi ini agar dapat melakukan pemetaan kerawanan terhadap beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi," terangnya.

Ancaman Kamtibas dimaksud antara lain, ancaman terorisme, premanisme, aksi sweeping oleh ormas, kenaikan harga dan kelangkaan bahan pokok, kelangkaan BBM, tingkat kejahatan, penyakit masyarakat, balap liar, penyalahgunaan narkoba, perkelahian antar kelompok/antar kampung.

Bupati mengingatkan soal kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Dia meminta perlu dilakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif.

Baca juga: Bupati Ende Optimis Presiden Jokowi Pimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende

"Oleh karena itu, Operasi "Ketupat-2022" harus dilaksanakan secara optimal sehingga dapat memberikan rasa aman, nyaman kepada masyarakat serta berjalan lancar dan aman," pungkasnya. 

Berita Ende lainnya
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved