Berita Maumere

Melihat Keceriaan Bupati Ngada Bersama Pengunjung Wisata di Air Panas Mengeruda, Ngada NTT

Pemandian ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata di Bajawa yang diminati wisatawan lokal bahkan mancanegara yang singgah di tengah perja

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ ARNOL
MANDI - Bupati Ngada Andreas Paru ceria bersama pengunjung di Air Panas Mengeruda. Ia tampak menikmati ketika berkunjung ke sana, Kamis 28 April 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Arnold Welianto

TRIBUNFLORES.COM, NGADA - Bupati Ngada Andreas Paru, terlihat Ceria bersama para pengunjung Wisata Air Panas Mengeruda di kecamatan Soa Kabupaten Ngada Kamis 28 April 2022 sore.

Kehadiran Bupati Ngada, Andreas Paru di lokasi Wisata tersebut dalam rangka mempromosikan wisata Alam air panas Mengeruda dan juga menikmati keindahan alam di lokasi wisata Air Panas Mengeruda di kecamatan Soa.

Objek wisata air panas Mengeruda Kecamatan Soa Kabupaten Ngada Propinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri yang memanfaatkan air panas sebagai daya tarik dan elemen utama dalam kawasan wisata tersebut.

Baca juga: Brigjen Heri Sulistianto Jabat Waka Polda NTT

 

Tempat pemandian air panas Soa(mengeruda) terletak sekitar 18 km dari pusat kota Bajawa, atau perjalanan dari Labuan Bajo selama 8 jam via darat dengan menggunakan mobil.

Pemandian ini merupakan salah satu daya tarik utama pariwisata di Bajawa yang diminati wisatawan lokal bahkan mancanegara yang singgah di tengah perjalanannya menuju Kelimutu.

Sumber mata air pemandian air panas ini berasal dari Gunung Inelika di Bajawa.
Mulai dibuka sebagai objek wisata pada tahun 1997.

Bentuk pemandiannya sendiri adalah terdiri dari beberapa kolam yang punya tingkatan suhu tersendiri, ada yang hangat kuku sampai yang paling tinggi suhunya adalah aliran air panas yang berbentuk seperti sungai air panas yang mengaliri setiap kolam.

Baca juga: Pemerkosa Anak di Manggarai Terancam 16 Tahun Penjara

Dari sumber mata air, air panas ini bersuhu hingga 44 derajat Celcius dan ketika mengalir di pemandian suhu, menurun menjadi 36 derajat celcius.

Air panas di sini dikenal memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit sebab tingkat kepanasannya layak untuk dijadikan sebagai media terapi.

Selain karena suhunya, kandungan belerang serta zat vulkanis lain yang berasal dari magma bumi yang membuat air panas juga memberikan khasiat menyehatkan.
Aliran air panasnya juga bisa seperti jeram yang sangat deras terutama saat musim hujan, bila sedang musim kemarau terkadang aliran air sedikit dan menyebabkan kolam menjadi kering.

Tempat wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, rumah makan, kawasan perkemahan, hutan dengan jalan setapak.

Berita Ngada lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved