Idul Fitri 2022

Ribuan Umat Islam Sholat Ied di Lapangan Polres Lembata

Ribuan umat muslim di Kabupaten Lembata mengikuti sholat ied di Lapangan Polres Lembata, Kota Lewoleba, Senin, 2 Mei 2022. 

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/RICKO WAWO
Umat muslim di Kabupaten Lembata  mengikuti sholat id di Lapangan Polres Lembata, Kota Lewoleba, Senin, 2 Mei 2022.  

Laporan TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM, LEWOLEBA-Ribuan umat muslim di Kabupaten Lembata mengikuti sholat ied di Lapangan Polres Lembata, Kota Lewoleba, Senin, 2 Mei 2022. 

Ketua Panitia Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Lembata, Haji Abdul Latif Paokuma mengatakan, sholat Ied merupakan ibadah Sunnah yang wajib diikuti umat muslim saat Idul Adha dan Idul Fitri.

"Sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya," kata Haji Latif Paokuma kepada wartawan usai pelaksanaan sholat Ied di lapangan Polres Lembata.

Haji Latif Paokuma juga menjelaskan, perayaan 1 Syawal 1443 Hijriah di tahun ini selain menjadi kewajiban dalam hukum Islam tapi sebagai momentum kemenangan umat Muslim menuju fitrah.

Baca juga: Slank Fans Club Lembata Bakti Sosial di Pekuburan Desa Kolipadan

Tidak hanya itu, Haji Latif Paokuma pun menyatakan bahwa perayaan Idul fitri tahun 2022 juga menjadi ajang pemersatu antara umat Islam dengan pemerintah. Ajang pemersatu antara umat Islam dan Pemerintah Lembata itu, kata dia, harus tercermin dalam kehidupan setiap hari demi mewujudkan pembangunan daerah ke arah lebih baik.

"Bersama pemerintah mewujudkan semua pembangunan di Lembata dengan berlandaskan keharmonisan," ujar Haji Latif.

Sejak pukul 06.00 Wita, ribuan umat Muslim dari berbagai kelurahan di Kota Lewoleba berdatangan. Mereka memadati separuh dari lapangan bola milik Mapolres Lembata itu.

"Sekitar puluhan shaft saat sholat ied di sini, maka bisa mencapai ribuan orang yang hadir," sambungnya.

Baca juga: Desa Baolaliduli Lumbung Jagung dan Ternak Sapi di Lembata

Ketua Pemuda Lintas Agama (Pelita) Kabupaten Lembata, Feldin Rano Kelan menuturkan perayaan Idul Fitri yang ditandai dengan sholat ied sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Pelita Lembata. Sebab, kata Feldin, sejak terbentuk beberapa tahun lalu hingga sekarang, Pelita Lembata selalu mengambil peran dalam setiap perayaan hari besar keagamaan, salah satunya Idul Fitri.

"Setiap tahun Pelita Lembata selalu ambil bagian, ini bentuk merawat kerukunan antara umat beragam di setiap momentum keagamaan," jelas pria beragama Katolik asal Flotim-Lembata ini.

Salat Ied Idul Fitri juga berlangsung di lapangan Masjid Al-Muqrabbjn Labala Desa Leworaja. Salat Ied di Hari Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah ini dilaksanakan terpusat untuk semua umat muslim di Kecamatan Wulandoni.

Ribuan umat muslim memadati hampir semua ruang dan pelataran masjid termasuk hingga ke jalan raya di sebelah selatan masjid, persis dekat pesisir pantai selatan Pulau Lembata ini.

Baca juga: Thomas Ataladjar Terbitkan Buku, Lembata; Dalam Pergumulan Sejarah dan Perjuangan Otonominya

Pelaksanaan Ibadah Salat Ied dipimpin Imam Yusuf Jamin ini pun merupakan yang paling besar dan ramai dihadiri jamaah, setelah hampir dua tahun, tidak dapat dilaksanakan secara massal akibat pandemi COVID-19 yang memaksa banyak aktivitas yang melibatkan publik terpaksa harus dibatasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved