Berita NTT

Calon Penumpang Protes Terhadap Layanan Pembelian Tiket Non Tunai di Pelabuhan Bolok Kupang

Sebenarnya pembelian tiket non tunai tidak harus antre disana tapi pada tempat-tempat lainnya yang sudah disiapkan oleh ASDP.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-DARIUS BEDA DATON
MONITOR - Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton saat sidak di loket pelayanan pembelian tiket non tunai di Pelabuhan Bolok Kupang, Selasa 5 Juli 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Sejumlah calon penumpang Kapal Fery di Pelabuhan Bolok protes terhadap layanan pembelian tiket non tunai.

Pasalnya mereka merasakan antre berjam-jam hingga bisa mendapatkan tiket. Sebenarnya pembelian tiket non tunai tidak harus antre disana tapi pada tempat-tempat lainnya yang sudah disiapkan oleh ASDP.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Ombudsman Perwakilan NTT, Darius Beda Daton, kepada TRIBUNFLORES.COM Rabu 6 Juli 2022 malam.

"Hari Selasa 5 Juli 2022 kemarin, saya mengunjungi loket layanan tiket kapal ASDP di Pelabuhan Bolok, Kupang. Kunjungan ini saya lakukan setelah setiap hari terus menerima keluhan para calon penumpang via telepon, sms, WA dan messenger terkait ribetnya layanan tiket ASDP. Laporan serupa memang kerap kami terima sejak ASDP memberlakukan layanan pembelian tiket non tunai tahun lalu,"ujar Darius.

Baca juga: Sejak Dibangun 2013,Pasar Buah Larantuka Belum Difungsikan

 

Kata Darius, di loket, ia memonitor langsung layanan tiket dengan kartu Brizzi dan berbincang-bincang dengan para calon penumpang tentang penerapan tiket non tunai tersebut.

Harapan penumpang masih sama yaitu agar ada kemudahan layanan pembelian tiket sama seperti kapal-kapal Pelni.

Berbagai upaya koordinasi terus kami lakukan bersama ASDP Cabang Kupang guna mengurai berbagai keluhan tersebut.

Ia menerangkan sebagai informasi bagi seluruh masyarakat NTT bahwa sejak 1 Juni 2021, PT ASDP Cabang Kupang menerapkan sistem pembelian tiket non tunai menggunakan kartu prepaid Brizzi BRI, flazz BCA, e-money Mandiri dan BNI tapcash khusus di pelabuhan Bolok Kupang, Pelabuhan Waibalun di Larantuka, Pelabuhan Pantai Baru di Rote, pelabuhan Kalabahi di Alor, pelabuhan Waingapu di Sumba Timur dan pelabuhan Aemere di Bajawa.

Layanan non tunai sejatinya dimaksudkan untuk memudahkan layanan kepada para penumpang dan menghilangkan pungutan liar (Pungli) atau kemungkinan uang receh yang tidak dikembalikan petugas sebagaimana selama ini sering dikeluhkan para calon penumpang.

Baca juga: Maria Bertahan Hidup dari Asam di Sikka

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved