Breaking News:

Berita Flores Timur

Mengenal Koke Bale di Adonara Flores Timur

KOKE BALE di lewo Tabi , kampung lama, menurut tutur , berubah wujud menjadi Batu usai Lewo Tabi dan Lewo sekitar seperti Bothan, diterjang bencana.

Editor: Gordy Donovan
ISTIMEWA
Mengenal Koke Bale di Adonara Flores Timur. 

Oleh: Kornel A. Tabi, Perantau Dawataa

TRIBUNFLORES.COM, ADONARA - Kole Bale mungkin masih asing bagi sejumlah orang. Tapi rupanya tidak bagi warga Adonara di Kabupaten Flores Timur.

Berikut ini adalah ulasan Koke Bale dari warga Adonara, Kornel A.Tabi.

Dalam pelbagai petuah, dari sumber sumber tutur generasi demi generasi, KOKE BALE dengan arsitektur dan ornament yang dibangun sebagai padanan Lango Bele Suku (Lango beleng mapane ) oleh komunitas suku Tabi di Lewo Lama Kukung Dawataa, konon menyerupai yang dibangun dulu oleh Nenek Moyang Suku Tabi, Tabi Ola Ama di kampung lama , Lewo Tabi/Dua Tabi .

KOKE BALE di lewo Tabi , kampung lama, menurut tutur, berubah wujud menjadi Batu usai Lewo Tabi dan Lewo sekitar seperti Bothan, diterjang bencana belebo lebo.

Baca juga: Lima Desa di Flores Timur Raih Penghargaan ADWI Award 2021

 

Warga Lewo Tabi akibat bencana itu kemudian mengungsi ke Lewo yang sekarang dinamai Lamakukung. Separuh warga sempat mengungsi sampai ke wilayah Botung Suban Koten, setelah itu kembali lagi ke Lewo Lamakukung.

Bukti KOKE Bale yang berubah wujud menjadi Batu besar, hingga saat ini masih ada di Lewo Tabi. Komunitas suku Tabi lebih menyebutnya Bale Suku.

Seremoni memulai gerihang lango beleng suku , koke bale , dan lain lain upacara adat menyangkut komunitas suku Tabi, tetap didahului di Bale Suku ini.

Warga Adonara, Flores Timur pose depan rumah adat
Warga Adonara, Flores Timur pose depan rumah adat

Kampung lama ini letaknya kurang lebih 3 kilometer dari kampung Lamakukung, di wilayah Ile Ludu Timu Klego, berbatasan dengan Ile Olak, Danibao.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved