Camilan Khas Flores

Cara Membuat Jagung Titi, Ole-ole Khas Flores Timur

Timotius Beda Lema, warga setempat menuturkan, jagung titi kerap disuguhkan dalam acara adat maupun saat menerima tamu.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/PAULUS KEBELEN
JAGUNG TITI- Regina, warga Desa Dawataa, Kecamatan Adonara Timur, Pulau Adonara sedang membuat jagung titi, Minggu 24 Juli 2022 

Laporan TRIBUNFLORES.COM, Paulus Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Selain terkenal dengan Tarian Hedung, masyarakat Adonara, Kabupaten Flores Timur juga gemar membuat camilan jagung titi.

Cemilan khas ini sudah merupakan makanan lokal masyarakat Flores Timur dan Lembata. Menyeruput kopi atau teh saat pagi dan petang rasanya belum komplit jika tanpa jagung titi.

Regina, warga Desa Dawataa, Kecamatan Adonara Timur, Pulau Adonara, mengatakan bahwa jagung titi dibuat dari jagung pulut yang berwarna putih karena teksturnya lebih lembut dan lengket.

"Rendam beberapa jam dulu baru panaskan setengah matang dalam priuk tanah. Wadah memasak itu kami sebut dengan nama kewik," ujar Regina pada Minggu 24 Juli 2022.

Baca juga: Kapal Pesiar di Labuan Bajo Ditertibkan dan Wajib Gunakan Produk UMKM NTT

 

Ia mengatakan, kewik (periuk tanah) dibeli dari para pengrajin asal Pulau Solor. Kewik sudah ada sejak dahulu dan menjadi satu-satunya wadah untuk memanaskan jagung sebelum dipipihkan.

Setelah dipanaskan dalam kewik menggunakan kayu bakar, jagung pulut setengah matang itu dititi menggunakan batu berukuran dua kali kepalan orang dewasa. Tak ada alat modern selama proses pembuatan jagung titi.

"Dari dahulu alatnya batu dan kewik. Kami angkat juga pakai tangan kosong. Sudah terbiasa jadi tangan tidak melepuh (luka akibat terkena api)," terangnya.

Regina menuturkan, jagung titi saat ini menjadi ladang ekonomi masyarakat selain berkebun dan menenun. Harganya dibanderol senilai Rp 50.000 sampai ratusan ribu tergantung banyaknya pesanan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved