Berita NTT

Juri Festival Desa Binaan Bank NTT & Festival PAD Mulai Verifikasi Tahap Pertama

Penjurian akan dilanjutkan pekan ini, dan seluruh juri dipastikan akan turun ke lokasi desa binaan yang masuk nominasi tahun ini.

Editor: Gordy Donovan
ISTIMEWA
Juri Festival Bank NTT dan Staf Bank NTT, Juli 2022. 

TRIBUNFLOES.COM, MAUMERE - Sejak pekan kemarin, juri Festival Desa Binaan Bank NTT dan Festival PAD, mulai melakukan kunjungannya ke 115 buah desa yang mengikuti kompetisi paling bergengsi ini.

Dan di pekan pertama penjurian, tiga orang juri dijadwalkan untuk turun ke desa-desa di tiga kabupaten, masing-masing Prof. Daniel Kameo di Kabupaten Manggarai Timur, Pius Rengka di wilayah Kabupaten Kupang dan Stenly Boymau di Kabupaten Nagekeo.

Tiga kabupaten ini yang pertama dan akan dilanjutkan pekan berikutnya di daerah lain baik oleh ketiga juri diatas maupun oleh juri yang lain.

Selasa (19/7), Stenly Boymau yang adalah juri pertama tiba di Mbay, dan keesokan harinya melakukan penjurian ke Desa Ululoga Kecamatan Mauponggo.

Baca juga: Tiga Manfaat Kapal Wisata di Labuan Bajo Wajib Daftar

 

Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata oleh Kementerian Parekraf RI, pada tahun 2021 lalu. Legitimasi ini tak lain karena Ululoga kaya akan potensi wisata, mereka memiliki kampung adat Pajoreja.

Di kampung ini, warga menyiapkan rumah tinggal mereka untuk homestay, dengan layanan pembayaran non tunai, menggunakan QRIS.

Ada aneka makanan khas yang disajikan, serta desa ini memiliki banyak potensi pertanian. Sebut saja berhektar-hektar pala, kopi, vanili serta aneka tanaman pertanian lainnya.

Mereka pun memiliki sumur tua sebagai tempat wudhu, manakala sumur ini tidak pernah kering airnya walau kemarau sekalipun. Di desa ini pun, anak-anak muda dilatih menjadi pemandu wisata yang setia mengantar para wisatawan untuk tracking ke Gunung Ebulobo yang kawahnya aktif.

Kepala desa setempat, Pither Leko didampingi Sekdes, Krispianus Moo, menjelaskan mereka memiliki tiga potensi yang sudah dikembangkan yakni sirup Pala, kerupuk talas dan pot rotan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved