Berita NTT

Mengenal Ikan Lawar, Makanan Khas Asli Pulau Timor di NTT

Ikan lawar sardin terasa lebih wahh dan menyala jika dimakan bersama makanan khas asli Timor berupa jagung Katemak

Editor: Gordy Donovan
POS-KUPANG.COM
LAWAR - Ikan lawar sardin siap disantap. Jangan lewatkan pulang segera singgah pasar dan beli ikan sardin buat ikan lawar lalu disajikan dimeja makan. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Halo sahabat Tribunners. Jika datang ke Kupang, jangan lupa untuk goyang lidah Anda dengan makanan khas Pulau Timor berupa Ikan Lawar Sardin. Ikan lawar sardin biasanya dibuat dengan rendaman air jeruk nipis atau juga bisa pakai rendaman air cuka.

Makanan ini salah satu ciri khas makanan atau masakan khas NTT khususnya di Pulau Timor yang sering disajikan masyarakat kepada warga luar yang datang ke daerah ini.

Mengapa orang luar sering disajikan makanan khas ini, karena sambal lawar ikan sardin sebagai makanan khas pembeda yang bisa merangsang nafsu makanan setiap orang bahkan akan terus menggoyang lidah hingga tanpa sadar Anda akan tambah lagi makanan yang disajikan di meja.

Baca juga: Uskup Agung Kupang, Mgr.Petrus Turang Sosok Orang Tua Arif Lintas Agama NTT 

 

Hal ini karena makanan ini menjadi salah satu ciri khas yang sering disajikan di meja makanan keluarga guna menjamu tamu spesial yang bertandang ke rumah Anda.

Ikan lawar sardin terasa lebih wahh dan menyala jika dimakan bersama makanan khas asli Timor berupa jagung Katemak

Mengapa makanan khas sambal lawar ikan sardin ini bisa menjadi pembeda? Hal ini dikarena rasa dari sambal lawar ikan sardin juga rasa dan aroma sambal lawar ikan sardin sangat khas.

Kalau tidak percaya, maka anda bisa mencobanya nanti. Pasti saat makan akan lupa kupingatau lupa telinga sabalah lalu kepingin tambah atau pingin mencoba lagi.

Baca juga: Warga Desa di Lamba Leda Selatan Matim Antusias Periksa Golongan Darah

Makanan khas masyarakat Nusa Tenggara Timur ini pengolahannya pun yang berbeda-beda membuat hidangan laut NTT khas Pulau Timor ini begitu memanjakan lidah.

Begina cara pengolahannya : Ikan Sardin dicampur dengan cabai, kemangi, dan daun bawang agar memperkaya rasa.
Makanan khas lawar ikan ini sangat enak jika dihidangkan bersama jagung bose, makanan khas NTT lainnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved