Berita NTT

Soal Pelayanan Perekaman E-KTP, Ombudsman NTT : Jangan Biarkan Warga Menunggu dalam Ketidakpastian

Kecamatan Oebobo melayani 7 kelurahan di Kota Kupang yaitu Kelurahan Fatululi, Kayu Putih, Liliba, Oebobo, Oebufu, TDM dan Oetete.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-OMBUDSMAN NTT
PELAYANAN KTP - Kantor Camat Oebobo di Kota Kupang yang melayani perekaman E-KTP, Jumat 29 Juli 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Kepala Perwakilan Ombudsman NTT, Darius Beda Daton, Jumat 29 Juli 2022, kembali berjalan kaki melanjutkan kunjungan ke loket layanan instansi pemerintah.

Kali ini Darius begitu ia akrab disapa berkesempatan mengunjungi Kantor Camat Oebobo di Jalan Suprapto.

Kecamatan Oebobo melayani 7 kelurahan di Kota Kupang yaitu Kelurahan Fatululi, Kayu Putih, Liliba, Oebobo, Oebufu, TDM dan Oetete.

Kurang lebih pukul 08.20 ia tiba di loket layanan kantor camat dan mengamati ketersediaan standar pelayanan di loket.

Baca juga: Sidang Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak, Penasihat Hukum Terdakwa Randy Badjideh Ajukan Pembelaan

 

Setelah itu seperti biasa ia langsung berbincang-bincang dengan warga yang berurusan dengan layanan kecamatan.

"Kepada warga, hal yang rutin saya tanyakan setiap kunjungan adalah pelayanan apa yang sedang dibutuhkan hari ini, sudah menunggu berapa lama, apakah telah dilayani dengan baik serta sesuai persyaratan dan prosedur, apakah merasa dipersulit, dll. Hal ini saya lakukan untuk memastikan bahwa layanan kantor camat telah berjalan sesuai dengan standar layanan waktu, persyaratan layanan, alur dan prosedur layanan serta tarif layanan sesuai yang ditetapkan,"ujar Darius.

"Kepada saya beberapa warga yang akan membutuhkan layanan perekaman KTP di kecamatan dan sedang menunggu di loket mengatakan telah tiba di kantor camat sekitar pukul 8.00 namun belum ada pelayanan perekaman,"sambung dia.

Ia mengatakan informasi jam pelayanan perekaman di kecamatan tidak mereka peroleh sebelumnya atau minimal diinfokan di loket layanan sehingga mereka terpaksa harus menunggu hingga jam pelayanan dibuka pada pukul 09.00 atau 10.00 wita.

Baca juga: Deviden Bank NTT Cabang Mbay Melampaui Setoran Modal Pemda Nagekeo

"Saya mendapat informasi dari petugas kecamatan yang saya temui, bahwa pelayanan perekaman KTP di kecamatan baru dimulai setelah mendapat informasi dibukanya layanan di Dinas Dukcapil Kota Kupang karena perekaman berhubungan dengan Dukcapil. Kepada petugas kecamatan saya meminta agar menyampaikan informasi kepada seluruh warga Kecamatan Oebobo terkait waktu layanan perekaman KTP berupa pengumuman atau informasi melalui media lain agar diketahui warga,"ujarnya.

Ia menegaskan jangan membiarkan warga menunggu dalam ketidakpastian waktu layanan. Sebab informasi terkait waktu layanan adalah salah satu standar pelayanan yang harus dipenuhi seluruh instansi pemerintah sebagaimana amanat undang-undang nomor: 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

Setelah itu ia melanjutkan kunjungan ke Kantor Lurah Naikoten II.

"Saya juga mengamati tidak berfungsinya box Sodamolek Windows Service, inovasi Lurah Naikoten II Andre Otta yang masuk dalam Top 40 inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 lalu. Box ini tidak ada perangkatnya sehingga tidak bisa berfungsi untuk pelayanan mandiri warga. Terima kasih atas kunjungan ini. Semoga pelayanan kecamatan Oebobo terus menjadi lebih baik lagi. Tetap semangat dan terus melayani dengan lebih sungguh,"ujarnya.

Berita NTT lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved