Berita Manggarai Timur

Dinas Lingkungan Hidup Matim Gandeng Komunitas dan Pelajar Pungut Sampah 

Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI,Dinas Lingkungan Hidup Manggarai Timur melaksanakan bakti sosial pembersihan samapah di Kota Borong.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Siswa dan siswi di Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur memungut sampah,Jumat 12 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI,  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melaksanakan bakti sosial (Baksos) pembersihan sampah di Kota Borong, Jumat 12 Agustus 2022.

Dinas Lingkungan Hidup mangendeng Kelompok Gerakan Peduli Lingkungan atau 3 R dan didukung penuh oleh UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup  Manggarai Timur. 

Mengusung tema 'Gerakan Hidup Bersih dan Sehat Bebas Sampah' dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM selaku Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Manggarai Timur, Flavianus Gon, S.Sos.

Kegiatan ini melibatkan Camat Borong, Sistus Mbalur, SP bersama sekertaris camat dan para pegawai, Kabid Dinas Lingkungan Hidup Manggarai Maria Evangelina Iry, S.Sos bersama staf, Kepala UPTD Pengelolaan Sampah, Ireneus Wale Wasi, S.Hut, bersama staf, para pelajar dari SDN Kota Ndora dan SMPN 1 Borong serta para anggota Kelompok Gerakan Peduli Lingkungan.

Baca juga: Ribuan Pelajar Manggarai Timur Menari Rangkuk Alu di HUT Kemerdekaan

Pembersihan sampah dilakikan di sepanjang pesisir Pantai Borong mulai dari muara Sungai Waebobo hingga Dermaga Borong. 

Setiap  sampah anorganik botol minuman, kaleng, plastik, kaca, karung bekas, popok bayi dan sejumlah sampah anorganik lainya dipungut termasuk rumput-rumput yang tumbuh di bahu jalan sepanjang jalan Waereca-Dermaga Borong juga dipotong dan dibersihkan. 

Kemudian sampah-sampah itu diisi dalam karung lalu diangkut oleh mobil sampah. Sebuah unit mobil sampah dikerahkan dalam kegiatan tersebut. 

Flavianus Gon mengatakan  pembersihan di  muara Sungai Waebobo hingga sampai di Dermaga Borong melibatkan Kelompok 3 R yang ada di Kota Borong, Komunitas Peduli Sampah, Forum Anak, dan para pelajar serta pemerintah Kecamatan Borong.

Baca juga: Sofia Mistika Riwu Terpilih Aklamasi Pimpin PPNI Manggarai Timur

Selain itu juga, kata Gon, juga dilakukan pembersihan lingkungan berupa sampah dan rumput-rumput dari seluruh OPD di komplek pusat perkantoran di Lehong, Desa Gurung Liwut, dimana Lehong akan menjadi tempat untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-77 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022 pekan depan. 

"Selain itu juga instansi-instansi lain juga sudah kita berikan surat untuk meminta semua wajib turun membersihkan lingkungan sekitar,"kata Gon.

Berita Manggarai Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved