Profil Biara di Flores

Tak Hanya Berdoa, Para Frater di Biara Agustinian Maumere Olah Kebun Tanam Hortikultura

Biara Canonici Regulares A Jesu Domino (CJD) didirikan oleh RP Myron Effing CJD dengan Co-founder RP Daniel Maurer CJD.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / NOFRI FUKA
KEBUN- Frater Obet CJD saat berada di lahan perkebunan dekat Biara CJD di Desa Takaplager, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Minggu 28 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Kehidupan religius sangat melekat erat dengan pribadi seorang frater atau biarawan maupun biarawati.

Terkhusus kehidupan doa (Ora) menjadi salah satu aset penting yang dipraktekkan oleh para Frater dalam sebuah biara hampir tiap hari.

Namun, ada satu fakta lainnya, ternyata tak hanya kehidupan religius atau doa saja yang dihidupi para frater melainkan bekerja (labora) juga ditekuni para frater setiap hari.

Kali ini bertempat di lingkungan Biara Canonici Regulares A Jesu Domino (CJD) atau Biara Agustinian di Maumere, pada Minggu 28 Agustus 2022, para frater berkesempatan menunjukkan hasil karya tangan mereka di sebuah lahan perkebunan sayuran yang berada di sekitar lokasi Biara Agustinian, Maumere.

Baca juga: Profil Biara Canonici Regulares A Jesu Domino atau Biara Agustinian di Maumere, Flores, NTT

 

Lahan perkebunan tampak cukup luas, terdapat juga beberapa bedengan untuk sayuran yang sementara digarap.

"Di lahan yang kami garap ada berbagai jenis tanaman yang kami tanam yakni, Terong, Buncis, Tomat selain itu juga bumbu seperti Sere, kunyit, maupun ubi dan masih banyak lagi," ungkap Frater Obet seraya menunjukkan beberapa tanaman yang sudah mulai bertumbuh.

Semenjak hadir di Maumere pada Tahun 2015 lalu, lahan di sekitar Biara Agustinian mulai dibuka dan digarap serta dijadikan tempat untuk membangun gedung.

Frater Obet menjelaskan hingga saat ini mereka memanen hasil perkebunan sayuran yang digarap selama beberapa kali. Hasil yang dipanen dimanfaatkan untuk kebutuhan mereka sendiri ada juga sebagiannya dijual.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved