Berita Flores Timur

Doa dan Renungan Meneguhkan Penderita Aids, KPA Flores Timur Peringati Hari Aids Sedunia

Sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Flores Timur mengagendakan kegiatan seribu lilin bertajuk rohani bersama para penderita HIV/Aids.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/PAULUS KEBELEN
Koordinator Bidang Perencanaan Anggaran dan Keuangan KPA Flores Timur, Yoseph Marseanus Matutina, Kamis 24 November 2022 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paul Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA-Sekretariat Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kabupaten Flores Timur  mengagendakan seribu lilin bertajuk rohani bersama para penderita HIV/AID di wilayah itu dalam peringatan Hari Aids Sedunia tanggal 1 Desember 2022. Kegiatan rohani  diharapkan meneguhkan penderita Aids melawan penyakit yang dideritanya.

Agenda peringatan diawali dengan pemeriksaan Viarload atau pemeriksaan lanjutan untuk ODHA, kemudian dilanjutkan doa rosario, renungan malam, dan pembagian paket sembako sekira pukul 19.00 Wita.

Koordinator Bidang Perencanaan Anggaran dan Keuangan KPA Flores Timur, Yoseph Marseanus Matutina mengatakan telah mencanangkan kegiatan sejak beberapa pekan terakhir sebagai kepedulian terhadap sesama.

Menurut Yoseph, doa dan renungan malam akan dipimpin langsung oleh pastor setempat. Renungan katolik diharapkan mampu memberikan peneguhan kepada para penderita agar kuat melawan sakit yang sedang diderita.

Baca juga: Perkara Korupsi Dana Covid-19 Flores Timur Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang

"Kita ada kegiatan saat Hari Aids Sedunia. Nanti pastor yang biasa kami hubungi dan beliau selalu bersedia pimpin doa dan renungan. Agendanya ada pemeriksaan Viarload, doa bersama, renungan malam, dan bagi sembako," katanya di ruangan kerjanya.

Dijekaskan Yoseph, upaya pencegahan penyakit mematikan ini terus dilakukan hingga ke wilayah pedesaan. Sosialisasi dijalankan dengan melibatkan dinas terkait seperti Dinas Kesehatan Flotim, P2KBP3A Flotim, DPMD Flotim, Dinsos Flotim.

Namun, katanya, masih banyak penderita yang memilih menyembunyikan diri ketimbang terbuka melakukan pemeriksaan. Meski begutu, KPA Flores Tumur tetap berjibaku memberikan sosialisasi tentang pentingnya kesadaran sedini mungkin.

"Kendala kita memang banyak. Sampai sekarang kesadaran masyarakat masih rendah. Banyak juga yang masih tertutup meski mereka mengidap HIV/AIDS," katanya di ruangan kerjanya, Kamis 24 November 2022.

Baca juga: 429 Orang di Flores Timur Idap HIV/AIDS, KPA Sebut 26 Kasus Baru, Masih Banyak Menyembunyikan Diri

Berdasarkan hasil rekapitulasi data bulan Oktober 2022, kasus HIV/AID di Flores Timur bertambah 26 orang. Sementara total keseluruhan kasus secara akumulatif dari tahun 1997 hingga sekarang berjumlah 429 orang.

Dari 429 kasus, sebanyak 86 orang positiv HIV dan 343 orang pengidap AIDS. Sementara total kematian akibat virus mematikan ini berjumlah 152 orang, kemudian yang masih hudup sebanyak 227 orang.

"Untuk tahun 2022 ini bertambah 26 kasus baru. Data ini memang seccara komulatif yaitu dari tahun 1997," ujarnya kepada wartawan di ruangan kerjanya, Kamis 24 November 2022. *

Berita Flores Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved