Pilkades Manggarai Timur 2023

Rakor Pilkades Gelombang 1 di Manggarai Timur, Wabup Siprianus BPD Jangan Intervensi Panitia

Rapat ini dibuka oleh Wabup Manggarai Timur, Siprianus Habur didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Manggarai Timur, Gaspar Nanggar.

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/ROBERT ROPO
RAKOR-Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur didampingi Kadis PMD Manggarai Timur, Gaspar Nanggar membuka rakor pembentukan Panitia Pilkades 2023 di Manggarai Timur. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG---Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa untuk Gelombang I Tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Rakor ini berlangsung di Ruang Rapat Bupati Manggarai Timur, Senin 9 Januari 2023.

Rapat ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Manggarai Timur, Siprianus Habur, S.Sos didampingi Kepala Dinas PMD Kabupaten Manggarai Timur, Gaspar Nanggar.

Rakor dihadiri oleh 12 orang Camat dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dari 65 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades serentak pada bulan Mei 2023.

Baca juga: 65 Desa di Manggarai Timur Lakukan Pilkades Bulan Mei 2023

 

 

Dalam sambutannya, Wabup Siprianus, menyampaikan, Pilkades serentak bulan Mei 2023 merupakan salah satu dan pesta demokrasi pertama dari rangkaian pesta demokrasi yang akan dilaksanakan di Manggarai Timur.

"Sebagai pesta demokrasi pertama dari beberapa pesta demokrasi maka pelaksanaan Pilkades di Matim harus bisa kita laksanakan dengan tertib, aman dan lancar. Keamanan dan kenyamanan adalah tujuan kita bersama. Jangan sampai pelaksanaan Pilkades merusak hubungan keluarga dan kekerabatan yang ada," ujarnya.

Selain itu, Wabup Siprianus, juga menekankan pentingnya peran BPD dalam rangkaian kegiatan Pilkades.

"Sebagai anggota BPD adalah yang meletakan dasar untuk pelaksanaan Pilkades dengan membentuk panitia Pilkades. Netralitas dan profesionalisme harus dikedepankan, pilihlah panitia sesuai dengan aturan yang berlaku. Kesampingkan kepentingan pribadi dan golongan," tegas Wabup Siprianus.

"Jangan sampai juga BPD mengintervensi panitia sehingga mencederai proses demokrasi. Jika ada persoalan baiknya diselesaikan melalui musyawarah, karena komunikasi yang baik adalah cara efektif menyelesaikan soal. Jika tidak dapat diselesaikan bersama maka coba kita ubah strategi penyelesaian," sambungnya. (rob)

Berita TribunFlores.Com Lainnya di Google News

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved