Berita Maumere

Ruas Jalan Waikewak-Waiwerang di Adonara Segera Dikerjakan, Ini Kata Wabup Flores Timur

Kerusakan ini sangat mengganggu mobilisasi transportasi wilayah Adonara Barat-Adonara Tengah-Adonara Barat dan Adonara Timur.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/AMAR OLA KEDA
TINJAU - Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli saat memantau pekerjaan jalan Trans Tobilota-Waiwerang beberapa waktu lalu. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Infrastruktur jalan dan jembatan penghubung trans Waikewak-Lite-Waiwerang rusak parah pasca diterjang badai seroja 4 April 2021 lalu.

Kerusakan ini sangat mengganggu mobilisasi transportasi wilayah Adonara Barat-Adonara Tengah-Adonara Barat dan Adonara Timur.

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli mengatakan rusaknya badan jalan dan jembatan penghubung di ruas utama Waikewak-Lite-Waiwerang sedang dalam proses persiapan pengerjaan sejak dua minggu lalu.

Saat ini pemerintah masih menunggu kesiapan alat berat dari PT.Bumi Indah yang sedang mengerjakan ruas jalan Propinsi Baniona-Waiwerang.

Baca juga: Tiga Jembatan Diterjang Banjir di Ile Ape Belum Dibangun Kembali

 

"Beberapa waktu lalu utusan kepala desa dan ketua BPD 13 desa yang di pimpin Camat Adonara Tengah Asterius Soge menemui saya dan Bupati di Larantuka dan keluhan mereka langsung ditindaklanjuti oleh BPBD dan Dinas PU," ujarnya kepada wartawan, Senin 14 Februari 2022.

Menurut dia, Dinas PU telah melakukan pengukuran lapangan dan membuat RAB senilai Rp.1,7 M untuk pengerjaan urukan pilihan pemadatan badan jalan, normalisasi kali dan pelebaran badan jalan di area Wato Ose wilayah Horowura menuju Waiwerang.

Setelah itu, dilanjutkan dengan hotmix jalan dan pembangunan jembatan dengan dana BNPB pusat yang saat ini sedang dalam proses assesment.

Dana BNPB untuk bencana khusus untuk infrastruktur sudah di setujui Rp.35 Miliar untuk ruas jalan Tobilota-Waiwerang-Sagu dan pembangunan jembatan Waiwerang kota melalui Balai Nasional Jalan dan Jembatan.

Baca juga: Nyepi Lima Hari di Palue, Ritual Warga Melepas Amukan Tikus ke Laut

Sedangkan usulan lain masih menunggu untuk ruas jalan Waiwadan-Lite-Waiwerang dan Waiwadan-Danibao-Nimun Danibao.

"Ruas Jalan Waikewak-Lite-Waiwerang sudah dalam proses persiapan, hanya saja menunggu alat berat dari PT.Bumi Indah, maklum AMP hanya dua di Adonara. Dana lain akan menyusul untuk ruas jalan Waikewak-Lite-Waiwerang, Waiwadan-Nimun Danibao dan beberapa ruas jalan lainnya di Adonara. Saya sendiri yang menandatangani proposal usalan perbaikan di bulan Nopember 2021 kemarin," tandasnya. (*)

Berita Flores Timur Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved