Berita Manggarai Timur

Dampak Banjir, Warga 2 Desa di Kecamatan LAUT Terpapar Ispa dan Kulit Gatal-gatal

Mereka melakukan surveillance atau pengawasan ke setiap rumah terdampak langsung air banjir.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/HO-CAMAT LAUT
SURVEILLANCE - TRC-TDB sedang melakukan Surveillance terhadap warga terdampak banjir, Sabtu 26 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Pasca banjir surut di wilayah Desa Satar Padut dan Desa Satar Kampas, Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT), Kabupaten Manggarai Timur, Tim Reaksi Cepat Tanggap Darurat Bencana (TRC-TDB) Kecamatan LAUT langsung ambil langkah cepat.

Mereka melakukan surveillance atau pengawasan ke setiap rumah terdampak langsung air banjir, Sabtu 26 Februari 2022 malam.

Saat melakukan kunjungan rumah untuk mengecek sekaligus tindakan pengawasan terhadap rumah terdampak, ditemukan warga sedang membersihkan rumah masing-masing dan kembali menempati rumah yang sempat ditinggal mengungsi.

Baca juga: Dua Ruas Jalan di Manggarai Barat Tertimbun Longsor

 

Rumah yang dipantau tergenang air di wilayah kampung Waso dan Ronting Desa Satar Kampas, kemudian Dampek, Golo Kukung, Ntaur dan Lirang, rata rata air sudah tidak masuk kedalam rumah, namun di luar rumah sisa air banjir masih menggenang.

Sejauh ini, kondisi normatif warga berangsur normal, namun tetap diimbau Tim TRC-TDB Kecamatan LAUT untuk tetap waspada, lebih khusus di malam hari.

Saat giat kunjung rumah paska banjir surut hari pertama, Tim TRC-TDB Kecamatan LAUT menemukan beberapa warga mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan atau Ispa dan kulit gatal-gatal.

Camat LAUT, Agus Supratman, menyampaikan itu kepada TRIBUNFLORES.COM, Minggu 27 Frebuari 2022.

Dikatakan Camat Agus, semua rumah yang dikunjungi hari pertama di Desa Satar Kampas dan Dampek, Desa Satar Padut, ditemui 13 orang mengalami gangguan kesehatan dengan rincian, 7 orang mengalami infeksi saluran pernapasan (Ispa) dan 6 orang mengalami dermatitis alergi/kulit gatal-gatal.

Baca juga: Kapolda dan Kapolres Nagekeo Serahkan Bantuan untuk Orangtua Bayi Penderita Hidrosefalus di Ngada

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved