Momen Tumbuk Sorgum di Kampung Jing Manggarai Timur, Hasilkan Aneka Kue Berbahan Tepung Sorgum

da dua yaitu Desa Golo Ndari dan Melo di Kecamatan Lamba Leda Selatan, sebagai Desa model pengembangan sorgum untuk pangan dan perbenihan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / ARIS NINU
TUMBUK - Suasana Tumbuk Sorgum di Kampung Jing, Desa Melo, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Juni 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Yayasan Ayo Indonesia bersama Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur menyelenggarakan kegiatan memasyarakatkan sorgum sebagai pangan alternatif dan penyerahan Surat Keputusan, Jumaat 10 Juni 2022.

Ada dua yaitu Desa Golo Ndari dan Melo di Kecamatan Lamba Leda Selatan, sebagai Desa model pengembangan sorgum untuk pangan dan perbenihan.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Bupati Manggarai Timur Nomor 34 tahun 2021 tentang Pengembangan Sorgum sebagai Pangan Alternatif di Kabupaten Manggarai Tiimur, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Tim Penggerak PKK, Kepala Desa Melo, Kepala Desa Golo Ndari, Kelompok tani sorgum, Staf dari Dinas Pertanian, Yayasan Ayo Indonesia dan Yayasan Kehati.

Baca juga: Siswa SMA Negeri 7 Borong di Manggarai Timur Belajar Menganyam Tikar dan Keranjang Rotan

 

Ambros Roni, ketua panitia menjelaskan kegiatan ini diawali dengan aksi tumbuk sorgum (pesi) di kampung Jing oleh beberapa ibu-ibu, tujuannya untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat di sana bahwa sorgum sebenarnya adalah makanan khas orang jing pada jaman dulu, dengan menerpakan pengolahan paska panen secara sederhana dimana sorgum ditumbuk menjadi beras sorgum kemudian dimasak untuk dikonsumsi.

Diharapkan dengan upaya ini, ke depan masyarakat di desa Melo dan Golo Ndari yang berada di Sepanjang Daerah Aliran Sungai Pesi (sorgum) kembali menanam sorgum di lahan kritis yang cukup banyak terdapat di sekitar wilayah Paroki Beamuring.

Selain aksi tumbuk sorgum, beberapa ibu-ibu di Kampung Jing dilatih oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten cara membuat aneka kue berbahan baku tepung sorgum.

Baca juga: Momen Gubernur Ridwan Kamil Taburkan Tanah Pertama ke Liang Lahat Eril

Aneka kue berbahan tepung sorgum

Para peserta kemudian, ungkap Ambros mengikuti acara penyerahan Surat Keputusan dari Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai Timur terkait Penetapan Desa Golo Ndari dan Melo sebagai Desa Model Pengembangan sorgum di Kabupaten Manggarai Timur, bertempat di Kantor Desa Golo Ndari, kurang lebih 3 km jaraknya dari kampung Jing.

Sebelum penyerahan SK para pemangku kepentingan, antaral lain, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Yayasan Ayo Indonesia, Kepala Desa Golo Ndari, Kepala Desa Melo dan Petani Sorgum membagi informasi dan pengetahuan tentang sorgum sebagai sumber pangan bergizi, pendapatan dan tanaman yang tahan tumbuh atau hidup di lahan kritis untuk memotivasi para peserta yang hadir agar mereka menanam sorgum.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved