Berita Sikka

KEMMAS Kupang dan Sikka Gelar Aneka Kegiatan di Desa Bu Watuweti Tanawawo

KEMMAS Kupang dan Sikka Gelar Aneka Kegiatan di Desa Bu Watuweti Tanawawo. Mereka melakukan pengabdian kepada masyarakat bulan Juli 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-KEMMAS SIKKA
POSE BERSAMA - Mahasiswa KEMMAS Kupang dan Sikka pose bersama siswa-siswi di Desa Bu Watuweti Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Juli 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Mahasiswa Maumere Sa'ate (KEMMAS) Kupang dan KEMMAS Sikka melaksanakan aneka kegiatan di Desa Bu watuweti, Kecamatan Tanawawo Kabupaten Sikka.

Kemmas Kupang merupakan sebuah organisasi yang melingkupi lima kecamatan di Kabupaten Sikka yakni Kecamatan Paga, Mego, Tanawawao, Magepanda dan Palue.

"Dalam agenda kegiatan wajib tahunan pengabdian kepada masyarakat, Kema Bakti Kale Tau Mbale (KBKTM) tahun ini, KEMMAS Kupang dan KEMMAS Sikka melakukan kegiatan di Desa Bu Watuweti, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka," ujar Ketua Umum Kemmas Kupang, Oktavianus Fowo kepada TRIBUNFLORES.COM Selasa 2 Agustus 2022.

Baca juga: Kapolres Sikka Imbau Warga Parkir Motor di Tempat yang Aman dan Mudah Dipantau

 

Oktavianus menyebutkan kegiatan tersebut berlangsung selama satu minggu yakni dari tanggal 24 - 31 Juli 2022.

Kegiatan KBKTM tahun ini mengusung tema yakni "mengabdi dan berkarya bersama masyarakat". Peserta KBKTM berjumlah 50 orang dan di bagi ke rumah warga di dusun Wolorea untuk hidup bersama masyarakat.

Adapun kegiatan kegiatan yang sudah di lakukan selama satu minggu di Desa Bu watuweti seperti pembersihan lingkungan masyarakat kunjungan ke SDN Wolorea dan SDK Ratekombo. Dalam kunjungan tersebut kami melakukan motifasi untuk bersekolah sampai le tingkat yang lebih tinggi dan bercerita ria bersama adik-adik.

Kebersamaan Mahasiswa Kemmas Kupang di Tanawawo
MOMEN - Kebersamaan Mahasiswa Kemmas Kupang di Tanawawo, Juli 2022.

"Kami juga melakukan sosialisasi tentang Pentingnya pendidikan, Pertanian peternakan dan kesehatan serta pembagian bibit marungge di dusun Mbeja. Karena di dusun mbeja angka putus sekola sangat tinggi,"ujarnya.

Baca juga: Polisi Amankan 9 Botol Bahan Peledak Milik Nelayan Waturia di Sikka

"Kami juga memberikan sosialisasi tentang Optimalisasi peran orang tua dan anak dalam dunia pendidikan serta Ketahanan pangan yang langsung di bawakan oleh kadis Ketahanan pangan, bapak Hengki Sali,"sambung dia.


Ia menerangkan pada malam api unggun bersama orang muda Bu Watuweti kami bercerita dan berbagi banyak hal terutama mengenai pendidikan dan keadaan masyarakat dan orang muda di desa tersebut.

"Kami juga melakukan pertandingan persahabatan dan nonton bareng masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia KBKTM, Ignasius E. Ngasan mengaku bangga dan senang karena pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan lancar hingga usai.

"KBKTM ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Sehingga melalui KBKTM ini, maka apa yang diperoleh para mahasiswa di bangku perkuliahan, dapat diterapkan dan diimplementasikan di tengah masyarakat," jelasnya.

Ignasius menjelaskan, kegiatan KBKTM ini juga merupakan program wajib Kemmas setiap tahunnya di Kabupaten Sikka. Yang mana sudah dimulai sejak tahun 2000, sebagai tonggak berdirinya Kemmas.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved