Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Mau ke Pulau Komodo Labuan Bajo, Ada Hotel 115 Restorant 100 Sudah Siap Menerima Wisatawan

Harga tiket masuk taman nasional Komodo tetap naik. di Pulau Komodo Ada Hotel 115 Restorant 100 Sudah Siap Menerima Wisatawan.

Editor: Gordy Donovan
DOK.TRIBUNNEWS
KOMODO-Binatang purba Komodo di Taman Nasional Komodo,Kabupaten Manggarai Barat. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Mau tahu berapa banyak hotel dan restaurant di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores.

PHRI Manggarai Barat di tengah protes tiket masuk ke Pulau Komodo yang diberlakukan 1 Agustus 2022 lalu menyebutkan di kabupaten destinasi wisata premium di NTT ini sudah ada 115 hotel dan 100 restaurant yang setiap hari melayani wisatawan domestik dan mancanegara.

Ketua PHRI Manggarai Barat, Sil Wangge kepada TRIBUNFLO-RES.COM ketika dihubungi per-telepon, Rabu, 3 Agustus 2022 malam menjelaskan, hotel yang ada di Labuan Bajo semuanya non bintang seperti homestay, hotel-hotel kecil dan bungalow yang berada di pulau.

“Keberadaan hotel di Labuan Bajo memang segmen masih ke orang-orang menengah. Maka itu, kami merasa dampak dari ke-naikkan tiket masuk Pulau Komodo perlu ditunda dulu. Kami tentunya mendukung langkah konservasi tapi kenaikkan itu harus bertahap. Misalnya di Pulau Komodo Rp 1 juta tapi di pulau lain jangan dikenakan biaya. Harus ada kompensasi bagi pengunjung yang mau ke pulau lain. Saya ambil contoh orang mau ke Pulau Padar hanya mau lihat view pulau di lokasi itu. Lalu di sana komodonya hanya 9 ekor. Harusnya jangan dikenakan biaya,” paparnya.

Baca juga: PHRI Manggarai Barat Sebut Ada Dampak Kenaikkan Tiket Masuk Pulau Komodo

 

Ia menegaskan, protes kenaikan tiket masuk yang dilakukan pelaku pariwisata ada langkah agar pariwisata di Labuan Bajo ju-ga memperhatikan dan memajukan Kabupaten Manggarai0 Barat.
Ia pun berharap langkah pemerintah menaikkan tiket masuk Pu-lau Komodo harus dikaji ulang lagi.


Ada Dampak Kenaikkan Tiket

Sebelumnya, Ketua PHRI Manggarai Barat, Sil Wangge mengaku dampak kenaikkan tiket masuk ke Pulah Komodo telah membuat banyak agen-agen travel membatal paket perjalanan wisata.

“Memang dampaknya bukan hanya di hotel atau di restorant saja tetapi yang paling terdampak itu adalah agen-agen perjalanan yang sudah memjual paket wisata sampai dengan akhir tahun ti-ba-tiba ada pembatalan. Walaupun ada kompensasi misalnya sampai 31 Desember itu masih pakai harga lama tetapi karena viral berita baik nasional maupun internasional,” kata Sil yang dihubungi TRIBUNFLORES.COM dari Maumere, Rabu, 3 Agustus 2022 malam.

Baca juga: Yano Bilang Layanan Mobile JKN dan Pandawa Permudah Akses Layanan Program JKN

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved