Berita Manggarai

PKKMB Unika Santu Paulus Ruteng Diikuti 739 Mahasiswa 

FKIP Unika Santu Paulus Ruteng menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dimulai Senin-Rabu,29-31 Agustus 2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/CHARLES ABAR
Mahasiswa Unika Ruteng mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)di Aula Misio pada Senin 29 Agustus 2022 

 Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM,RUTENG-Memasuki tahun akademik yang baru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Santu Paulus Ruteng menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) mulai Senin 29 Agustus 2022 sampai Rabu 31 Agustus 2022.

Kegiatan tatap muka di kKampus Unika Ruteng ini diikuti oleh 739 mahasiswa baru dari enam program studi (Prodi) FKIP yaitu Prodi Pendidikan Teologi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), dan Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD). 

PKKMB FKIP Unika Ruteng tahun ini mengangkat tema “Menjadi Pembelajar Yang Merdeka dan Mandiri di Era Revolusi 4.0”.

Dekan FKIP Unika Ruteng, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si dalam keterangan tertulisnya menyatakan arti penting PKKMB bagi mahasiswa baru untuk mengenal kampus dan bersosialisasi.

Baca juga: Viral Video, Satu Unit Speed Boat Terbakar di Kampung Ujung Labuan Bajo Manggarai Barat

"PKKMB adalah fase penting bagi mahasiswa dalam mulai menapaki perjalanan akademik mereka di Kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng terutama dalam lingkup FKIP. Mahasiswa baru mendapatkan moment berharga untuk mulai mengenal lebih jauh visi, misi, dan mimpi-mimpi FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng dalam mendidik generasi muda Indonesia yang terbuka, demokratis, manusiawi dan berwawasan ekologis. PKKMB juga adalah momentum bagi setiap mahasiswa mulai membangun persahabatan baik di antara mahasiswa baru sendiri maupun dengan mahasiswa (lama), para pimpinan lembaga, para dosen, pegawai yang akan memberikan atmosfer kondusif bagi perjalanan akademik mahasiswa di kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng,"tulis Dr. Maks.
 
Ia mengatakan PKKMB sebagai momentum bagi FKIP Unika Ruteng untuk mengenal mahasiswa barunya.

"PKKMB juga menjadi momentum penting bagi kampus FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng untuk mengenal mahasiswa baru dengan baik terutama keenam prodi dalam lingkup FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng," imbuhnya

Seraya menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa baru, Dr. Maks lebih lanjut mengungkapkan sejumlah harapannya dari kegiatan PKKMB ini.

Baca juga: Angin dan Gelombang Hancurkan Perahu Nelayan di Pulau Mules,Manggarai

"Sebagai pimpinan FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng, kami menyambut baik dan dengan hati gembira 739 adik-adik mahasiswa baru yang tergabung dalam enam prodi di lingkup FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kami yakin bahwa menjadi mahasiswa di fakultas ini merupakan panggilan hati nurani adik-adik sendiri dan karena itu kami berharap agar nilai tanggung jawab dapat muncul dalam setiap perilaku hidup adik-adik selama menempuh pendidikan di FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng. Kami berharap agar PKKMB dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya agar adik-adik mahasiswa baru memiliki wawasan yang lengkap tentang UNIKA Santu Paulus Ruteng sebelum benar-benar menapaki perjuangan akademik di kampus ini. PKKMB adalah sebuah titik awal bagi mahasiswa baru untuk menjernihkan kembali niat, tekad, komitmen serta tujuan akhir perjuangan akademik di kampus UNIKA Santu Paulus Ruteng. Mudah-mudahan para mahasiswa baru dapat menjaga hal ini dengan baik,"ungkapnya.

Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Ruteng, Fransiskus Nendi, M.Pd. dalam sambutan dalam acara pembukaan (29/08/2022) menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. 

"Kegiatan PKKMB FKIP UNIKA Santu Paulus Ruteng tahun akademik 2022/2023, sebagai kegiatan awal bagi mahasiswa baru FKIP UNIKA yang bertujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. PKKMB kali ini memilih tema “Menjadi Pembelajar Yang Merdeka Dan Mandiri di Era Revolusi 4.0”, kemudian dikemas ke dalam bebrapa topik seminar seperti yang ada pada rundown acara. Tentu semuanya adalah dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru menjadi mahasiswa Yang Merdeka dan Mandiri di Era Revolusi 4.0; mendorong terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antarmahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan; serta mempercepat proses mengenal lebih dekat dan memahami lebih jauh kehidupan kampus yang berciri ilmiah, kolaboratif, rasionalistis, analitis, serta sistematis. Dengan kata lain, PKKMB ini akan membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus sehingga membentuk pola pikir dan cara pandang mahasiswa terhadap masa depan," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan  bahwa kegiatan PKKMB tahun ini akan menghadirkan nara sumber dari kalangan internal, maupun dari luar kampus yang memiliki keahlian dalam bidangnya.

Baca juga: Aksi Kemanusiaan Polsek Sambi Rampas Manggarai Timur Jenguk Pasien Disabilitas di Puskesmas Pota

"Nara sumber kegiatan PKKMB ini adalah yang berasal dari dalam dan luar kampus yang sudah ahli dalam bidangnya masing-masing," ujarnya.

Ketua Panitia PKKMB FKIP Unika Ruteng itu mengungkapkan harapan dan ucapan terima kasih mewakili panitia. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved