Berita Flores Timur

Waspada Lewati Jembatan Merah Putih di Adonara, Besi Penyangga Berlubang

Jembatan Merah Putih di Desa Waiburak,Adonara Timur dibangun setahun lalu pasca Badai Seroja kondisinya mulai rusak membahayakan pengguna jalan.

Editor: Egy Moa
DOK.ARISTON KOLOT
Anggota Koramil Adonara dan Kecamatan Adonara Timur, Ariston Kopong Kolot memperbaiki jembatan Merah Putih Waiburak, Adonara Timur 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM,ADONARA-Jembatan Merah Putih di Desa Waiburak, Kecamatan Adonara Timur,Kabupaten Flores Timur (Flotim) yang rusak akibat Badai Seroja tahun 2021 mulai rapuh. Sebagian besi penyangga  jembatan  berlubang dan membayakan pengguna jalan.

Pasca Badai Seroja, jembatan yang menghubungkan beberapa kecamatan dengan Waiwerang sebagai pusat perekonomian ini sempat dibangun TNI dengan model jembatan besi berkapasitas muatan di bawah 10 ton. Namun, kini sudah mulai rusak.

Camat Adonara Timur, Ariston Kopong Kolot mengatakan untuk mencegah kecelakaan, pihak kecamatan dan anggota Koramil Adonara bekerja bakti mengganti besi yang patah dengan kayu. 

"Sambil menunggu pembangunan jembatan yang permanen, sementara ini kami ganti dulu papan yang mulai rapuh untuk memberikan rasa aman bagi kita semua yang melintas," ujarnya kepada wartawan, Jumat 2 September 2022.

Baca juga: Ritual Adat Awali Peresmian Tower Telkomsel di Desa Waiula Flores Timur

Ia mengimbau warga yang melintas di jembatan selalu waspada dan hati- hati agar terhindar dari kecelakaan. 

"Ada lubang yang bisa menyebabkan kecelakaan, kalau pengguna jalan tidak hati-hati. Kami sudah menggantinya dengan papan yang baru, sambil menunggu pemerintah membangun jembatan permanen," katanya. 

Sebelumnya, mantan Wakil Bupati Flotim, Agustinus Payong Boli mengaku jembatan Waiburak ini akan segera dibangun dengan dana Rp 5 Miliar oleh BNPB melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional NTT-Flores.

"Kita berterimakasih karena usulan kita sudah diterima dan salah satu prioritas adalah jembatan strategis Waiwerang di bangun dengan dana Rp. 5 Miliar. Kita usul dua kali dan terakhir proposal perbaikan bulan Nopember 2021 saya sendiri tandatangan. Usulan kita hampir 100 Miliar dan akan diakomodir pertahap," ujarnya kepada wartawan, Jumat 18 Februari 2022.

Baca juga: Kades Kolilanang Dilantik Setelah Menang Gugatan di PTUN Kupang

Ia mengatakan, jembatan Merah Putih itu segera dibangun dan akan menjadi icon wisata Kota Waiwerang.

"Kita berarap warga tidak boleh bangun rumah ataupun usaha lain di jalur merah alur sungai," tandasnya. 

Berita Flores Timur lainnya


 
 
 
 
 
 
 

 
 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved