Berita Sikka

Dana LPDB Rp 235 Miliar Diserap 6.804 Anggota Kopdit Obor Mas

Kemitraan LPDB KUMKM dengan KSP Kopdit Obor Mas telah terjalin sejak tahun 2009.Dari Kemitraan itu, LPDB menyalurkan kredit sejumlah Rp 235 miliar.

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/EUGENIUS MOA
Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM Kemenkop UKM RI,Dr.Ir.Nining Sri Astuti,MA foto bersama manajemen, pengurus dan pengawas KSP Kopdit Obor Mas dalam kunjungan, Rabu 27 September 2022 di Aula Kopdit Obor Mas. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementrian Koperasi dan UKM RI  mempercayakan penyaluran dana pinjaman sebesar Rp 235 miliar kepada KSP Kopdit Obor Mas sejak 2009 hingga saat ini. Dana tersebut diserap oleh 6.804 anggota peminjam.

Dana Rp 235 miliar itu akumulasi sejak tahun 2009 hingga sekarang dan habis tersalurkan,” kata Ketua Pengurus KSP Kopdit Obor Mas, Markus Menando menerima kunjungan Badan Pengawas LPDB-KUMKM, Dr.Ir.Nining Sri Astuti, MA, di Maumere, Selasa, 27 September 2022.

Ia mengatakan 6.804 anggota Kopdit Obor Mas mengakses kredit LPDB KUMKM. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan usaha produktif di sektor riil.

“Anggota kami bisa menikmati dan usaha mereka berhasil. Mudah-mudahan ke depan masih ada kepercayaan buat kami,” ujarnya.

Baca juga: Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM Bawa Pesan Presiden Jokowi ke Kopdit Obor Mas

General Manajer KSP Kopdit Obor Mas, Leonardus Frediyanto Moat Lering merincikan bahwa rata-rata para anggota menggunakan dana LPDB untuk usaha produktif di sektor perdagangan, pertanian, peternakan, nelayan, rumah tangga, warung makan, dan jasa.

Kedit LPDB KUMKM sangat berdampak pada peningkatan ekonomi anggota. Sejumlah anggota berhasil membuka dan memperluas volume usaha berkat dana LPDB KUMKM yang disalurkan melalui Obor Mas.

Pada bagian lain, Frediyanto mengatakan sampai bulan Agustus 2022, anggota Obor Mas mencapai 128.008 anggota dengan aset sebesar Rp1,163 triliun. Anggota Obor Mas itu meningkat dari tahun ke tahun.

“Itu menandakan ada kepercayaan yang tinggi di tengah masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Kakak Asuh Kopdit Obor Mas Maumere Dukung Persami Tampil di ETMC Lembata 

Ketua Dewan Pengawas LPDB KUMKM, Nining Sri Astuti menggarisbawahi instruksi Presiden Jokowi untuk menanggulangi kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada tahun 2024.

Presiden Jokowi, kata Nining, memerintahkan semua kementerian untuk bersama-sama menanggulangi kemiskinan ekstrem. Dalam hal ini, Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB KUMKM didorong untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat.

“Kemiskinan ekstrem memang secara langsung ranahnya Kemensos. Sementara kontribusi LPDB melalui usaha anggota koperasi yang memperkerjakan para karyawan. Hidup merekan pun berubah,” jelas Nining.

“Sejauh mana anggota koperasi ada perubahan sebelum dan sesudah akses dana LPDB. Bagaimana LPDB berkontribusi bagi peningkatan ekonomi anggota, itulah yang mesti diperhatikan,” tutupnya.

Baca juga: Graha Kopdit Obor Mas Tujuh Lantai Dibangun di Jalan Ahmad Yani Maumere

LPDB Puji Kopdit Obor Mas

Terobosan KSP Kopdit Obor Mas Maumere menyalurkan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementrian Koperasi dan UKM RI diharapkan  meretas angka kemiskinan ektrim yang gencar dilakukan pemerintahan Presiden RI, Joko Widodo.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved