Berita Ende

Disebut Bisa Atasi Masalah Sampah, Kompor Tanpa Minyak Tanah Dikembangkan di Ende

Sementara untuk kompornya, dibuat dari tanah liat, campuran semen, pasir. Bisa juga dari plat dan cetakannya sudah disediakan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
BUAT KOMPOR - Pembuatan kompor tanpa minyak di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Jumat 4 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Pemerintah Kabupaten Ende, melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama startup company comestoarra.com dan NGO Anak Cinta Lingkungan (ACIL) tengah mengembangkan energi terbarukan untuk bahan bakar kompor.

Menariknya, bahan dasarnya dari sampah biomassa seperti ranting kayu, rerumputan, limbah rumah tangga dan limbah pertanian. Sampah biomassa diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan bulir - bulir yang disebut pellet biomasa.

Terobosan ini memberikan dampak ganda. Pertama, bisa mengatasi masalah sampah di Kabupaten Ende yang didominasi sampah biomassa. Kedua, sebagai solusi kelangkaan minyak tanah dan tentunya lebih hemat.

Baca juga: Rumah Berbahan Limbah Batu Bara di Ende Diberkati, Yosefina: Saya Bahagia Sekali

 

Teknologi ini dikenal dengan TOSS tau Teknologi Olah Sampah di Sumbernya (TOSS). Dengan demikian sampah biomasa tidak dibuang tetapi dibuat menjadi pellet biomasa.

Sementara untuk kompornya, dibuat dari tanah liat, campuran semen, pasir. Bisa juga dari plat dan cetakannya sudah disediakan.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ende, Haris Abdul Madjid, pemerintah kabupaten Ende sedang berkoordinasi dengan kementerian terkait untuk bantuan beberapa unit TOSS sesuai Detail Engineering Design skala komunal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sambil menunggu proses, maka langkah yang dilakukan selama 6 (enam) bulan kedepan adalah menggencarkan sosialisasi dan capacity building kompor biomassa berbahan bakar ranting dan kayu cacahan yang selama ini tidak dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Kalau sebelumnya kita fokus pada peletnya, sekarang kita fokus pada kompornya”, tegas Haris.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved