Opini

Mengenal Gejala dan Pencegahan Flu Singapura yang Biasa Menyerang Balita hingga Dewasa

Flu Singapura atau (Hand-Foot-Mouth-Disease), umumnya disebabkan oleh infeksi virus Coxsackievirus A16 dan Enterovirus A71.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / dr. Gangga Devi Padma
Oleh: dr. Gangga Devi Padma, Dokter Umum - RSIA DEDARI KUPANG 

Oleh: dr. Gangga Devi Padma, S.Ked

TRIBUNFLORES.COM - Lenting berisi cairan yang khusus hanya terdapat di kaki, tangan dan mulut itu merupakan tanda yang muncul dari penyakit menular yaitu Flu Singapura ya bu.

Lalu, Apakah ibu pernah mendengar apa itu Flu Singapura? Penyakit yang satu ini memang masih jarang didengar bagi sebagian besar orang dan mulai marak terjadi kembali pada masa pancaroba saat ini.

Dalam dunia medis, Flu Singapura ini lebih sering dikenal dengan sebutan penyakit kaki, tangan, dan mulut (Hand, Foot and Mouth Disease atau HFMD).

Baca juga: Waspada Hepatitis Akut Misterius pada Anak yang Mulai Menyebar


HFMD atau Flu Singapura merupakan penyakit menular yang harus diwaspadai bagi anak dibawah usia lima tahun yang belum memiliki daya tahan tubuh yang sempurna. Namun, tidak menutup kemungkinan, anak yang lebih dewasa dan bahkan orang dewasa juga bisa terinfeksi.

Pada masa pancaroba saat ini di layanan Kesehatan masyarakat, anak yang datang bersama orangtuanya sering mengkeluhkan lenting lepuh berisi cairan pada tangan, kaki dan juga mulut yang sering disalahartikan dengan cacar air.

Penyebaran virus Flu Singapura bisa merambah cepat ke berbagai negara. Di negara-negara Eropa, penyakit ini memang lebih dikenal dengan sebutan HFMD. Di Asia, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan flu singapura.

Flu Singapura atau (Hand-Foot-Mouth-Disease), umumnya disebabkan oleh infeksi virus Coxsackievirus A16 dan Enterovirus A71.

Virus ini akan mengalami masa inkubasi selama 3-6 hari sebelum menunjukkan gejala.

Baca juga: Keajaiban ASI di Tengah Pandemi Covid-19

Virus tersebut akan menyerang jaringan mulut dan amandel lalu masuk ke sistem pencernaan. Setelah mencapai sistem pencernaan, penyebaran virus pun berlangsung cepat melalui aliran darah.

Anak yang terinfeksi biasanya akan merasakan gejala-gejala sebagai berikut

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved