Berita Ngada

Raperda Dinyatakan Harmonis, Kabupaten Ngada Siap Bentuk 55 Desa Baru

Masing masing, Raperda tentang Perubahan Status Kelurahan Menjadi Desa dan Kelurahan, serta Raperda tentang Pembentukan Desa.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO - BIRO HUMAS KEMENHUMKAM NTT
RAPAT - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone sedang membuka Rapat Pengharmonisasian, Pembulatan, dan Pemantapan Konsepsi dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Ngada di Ruang Multi Fungsi, Selasa 6 September 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, BAJAWA - Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone membuka Rapat Pengharmonisasian, Pembulatan dan Pemantapan Konsepsi dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Ngada di Ruang Multi Fungsi, Selasa 6 September 2022.

Masing masing, Raperda tentang Perubahan Status Kelurahan Menjadi Desa dan Kelurahan, serta Raperda tentang Pembentukan Desa.

“Ada tiga aspek yang diharmonisasi, yakni aspek prosedural, substansi, dan teknik penyusunan peraturan perundang-undangan,” ujar Marciana.

Marciana menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemda dan DPRD Kabupaten Ngada yang telah melibatkan Perancang Peraturan Perundang-undangan dalam setiap tahapan penyusunan produk hukum daerah.

Baca juga: Rifanty dan Widi Senang Bisa Diwisudakan di IKIP Muhammadiyah Maumere

 

"Pemda dan DPRD setempat telah mendukung upaya penataan regulasi untuk melahirkan regulasi yang berkualitas," kata Marciana.

“Kedepan tidak hanya Perda, tetapi semua Peraturan Kepala Daerah (Perkada) juga harus melalui proses harmonisasi. Mekanismenya akan didiskusikan lagi, nanti akan dibuatkan SOP supaya harmonisasi bisa dilakukan secara virtual,” imbuhnya.

Menurut Marciana, Perkada wajib diharmonisasi oleh Kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan yakni Kemenkumham agar tidak cacat hukum secara yuridis formal.

Hal ini sebagaimana amanat UU No.13 Tahun 2022 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved