Berita Sikka

Kolaborasi Kopdit Obor Mas dan PPL Pertanian Latih Kaum Perempuan Mengolah Jagung

Inovasi yang terus-menerus meningkatkan produktivitas kewirausahaan anggota di sektor usaha pertanian dilakukan manajemen dan pengurus Kopdit Obor Mas

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
DOK.MANAJER AREA SIKKA DAN TIMOR
Kaum perempuan Desa Langir, Kecamatan Kangae, Kabupaten Sikka mengikuti pelatihan pengolahan jagung di Kampung Habi, Kamis 29 September 2022. 

TRIBUNFLORES.COM,MAUMERE-Inovasi yang terus menerus meningkatkan produktivitas  kewirausahaan anggota yang bergelut di sektor usaha pertanian dilakukan manajemen dan pengurus KSP Kopdit Obor Mas Maumere.

Menggandeng PPL Pertanian Desa Langir dilaksanakan pelatihan kewirausahaan  pengolahan produk yang berbahan dasar jagung. Pelatihan diadakan, Kamis 29 September 2022 di Habi, Desa Langir, Kecamatan Kangae.

Wakil Ketua II Pengurus Kopdit Obor Mas, Valentinus Vidis mengatakan, pelatihan kewirausahaan  ditujukan meningkatkan pendapatan anggota terutama kaum ibu rumah tangga.

"Membantu ibu-ibu rumah tangga mendapatkan penghasilan. Bahan bakunya mudah didapat dan ada di sekitar kita," kata Vidis membuka pelatihan dihadiri Manager Area Sikka dan Timor, Martonsius Juang,  Manager Kantor Cabang Pasar Tingkat, Roneni Sisilia, dan fasilitator  PPL pertanian Desa Langir, Mathilda Bunga Rose.

Baca juga: Dana LPDB Rp 235 Miliar Diserap 6.804 Anggota Kopdit Obor Mas

Peserta pelatihan selain mendapatkan ketrampilan mengolah jagung menjadi beberapa produk kuliner, tetapi juga penjelasan  produk dan layanan simpan, pinjam, solidaritas dan juga perlindungan yang dapat diperoleh anggota di Kopdit Obor Mas.

Martonsius Juang mengatakan  pelatihan kali sangat lengkap. PPL Pertanian melatih mengolah jagung menjadi beberapa produk kuliner, sedangkan Kopdit Obor Mas mendampinginya dari sisi permodalan dan promosi.

"Pelatihan kali ini sangat lengkap dari hulu ke hilir. PPL pertanian mendampingi dari budidaya jagung sampai panen dan hasil panen jagung tersebut diolah menghasilkan produk turunan makanan ringan,"  ujar  Marton sapaan akrab Martonsius Juang.

Menurut Marton, Kopdit Obor Mas selalu siap mendampingi permodalan melalui pinjaman KUR.  Hasil olahan produk tersebut dibantu untuk dipromosi melalui media sosial milik Kopdit Obor Mas.

Baca juga: Ketua Dewan Pengawas LPDB-KUMKM Bawa Pesan Presiden Jokowi ke Kopdit Obor Mas

Roneni Sisilia mengatakan, pelatihan kewirausahaan bagi anggotanya bukan kali pertama. Sebelumnya sudah diadakan di kelompok lain dengan bahan baku yang berbeda yakni pengolahan keripiki pisang.

"Selama ini pelatihan yang diadakan terkait financial literacy dan juga kursus dasar koperasi. Tapi kali ini kami mengadakan pelatihan yang sedikit berbeda langsung bersentuhan dengan keseharian anggota, sehingga dapat membantu meningkatkan pendapatan mereka," imbuh Neni.

PPL pertanian Desa Langir, Mathilda Bunga Rose mengakui kerja sama pendidikan kali ini sangat bagus karena langsung bersentuhan dengan usaha masyarakat.

Menurut Mathilda,  jagung kita bisa diolah menjadi beberapa produk kuliner berupa makanan ringan yakni emping jagung, marning jagung, beras jagung instan, rengginang jagung, tepung jagung dan masih banyak lagi.

Baca juga: Kakak Asuh Kopdit Obor Mas Maumere Dukung Persami Tampil di ETMC Lembata 

Bahan baku ini mudah didapat, demikian juga pengolahan tidak terlalu sulit dengan menggunakan peralatan yang mudah didapat. Meski mesin pengolahan membutuhkan biaya sedikit mahal, namun dengan  Kopdit Obor Mas tentu ada solusinya melalui pinjaman KUR untuk pengadaan mesin pengolahannya.

Pelatihan berlangsung sehari diikuti 35 orang anggota di Habi yang dikelola pengurus Kelompok Sahabat, Maria Nona Nita. Pelatihan kewirausahaan yang sama akan diadakan juga di beberapa kelompok Sahabat Obor Mas lainnya memanfaatkan bahan baku potensi lokal yakni ubi, pisang, kelor diolah menjadi produk kuliner.

 

Berita Sikka lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved