Berita NTT

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana Jone Minta Timpora Awasi Orang Asing Mulai dari Desa

Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana Jone meminta Timpora Awasi Orang Asing Mulai dari Desa. Sehingga orang asing selalu dipantau dengan baik.

Penulis: hilarius ninu | Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-KAKANWIL KEMENKUMHAM NTT
RAPAT TIMPORA- Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone membuka Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Provinsi NTT Semester II Tahun 2022 di Ruang Multi Fungsi, Senin, 29 Agustus 2022. Kakanwil Kemenkumham NTT Marciana Jone Minta Timpora Awasi Orang Asing Mulai dari Desa. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone kembali membuka Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) Tingkat Provinsi NTT Semester II Tahun 2022 di Ruang Multi Fungsi, Senin, 29 Agustus 2022.

Rapat ini diikuti perwakilan instansi anggota Tim Pora serta Kepala UPT Imigrasi di NTT ini mengangkat tema “Sinergisitas Pemantauan Orang Asing yang Mendukung Pemulihan Ekonomi Lebih Cepat Lebih Kuat”.

Kanwil Marciana dalam sambutan rapat koordinas ini menegaskan, pengawasan orang asing tidak hanya dilakukan saat mereka berada di wilayah Indonesia saja.

Namun, harus dilakukan sebelum memasuki wilayah Indonesia, selama berada di Indonesia sampai dengan meninggalkan wilayah Indonesia.

Baca juga: Gubernur Viktor Laiskodat Kritik Lembaga Pendidikan Ajarkan Hafal Ilmu

 

Ia mengungkapkan, kalau pengawasan harus dilakukan secara sinergis dan terpadu mulai dari tingkat desa karena NTT khususnya merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang akan menarik banyak kedatangan orang asing.

“Peran Tim Pora sangat penting, sehingga perlu dibangun pola kerja yang baik sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing anggota untuk bersama-sama melakukan pengawasan Orang Asing,” tegasnya.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergitas antar instansi sangat diperlukan untuk menghadapi lalu lintas orang masuk dan keluar wilayah RI, termasuk melalui NTT yang kian hari semakin meningkat.

Hal ini seiring dengan kondisi perkembangan pandemi Covid-19 yang semakin melandai.

Baca juga: Melihat Kehidupan Para Frater SVD Unit Fransiskus di Maumere Sikka

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved