Breaking News:

Berita Sikka

Rutan Maumere Gandeng Puskesmas Beru Sosialisasi Bahaya HIV Bagi WBP Baru

Bertempat di ruang kunjungan, tahanan Rutan Maumere menerima penyuluhan dan konseling dari Puskesmas Beru mengenai HIV.

Editor: Nofri Fuka
TRIBUNFLORES.COM/HO - RUTAN MAUMERE
SOSIALISASI - Tim dari Puskesmas Beru sedang memberikan sosialisasi di kompleks Rutan Kelas IIB Maumere pada Kamis 6 Oktober 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Pusat Kesehatan Masyarakat Beru memberikan sosialisasi HIV dan pemeriksaan mobile VCT pada tahanan baru Rutan Maumere, Kamis 6 Oktober 2022.

Bertempat di ruang kunjungan, tahanan Rutan Maumere menerima penyuluhan dan konseling dari Puskesmas Beru mengenai HIV.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini penyebaran HIV, selain itu ada konseling juga dilakukan tes darah guna mendeteksi HIV.

Seluruh tahanan baru mengikuti kegiatan ini dan ada beberapa yang secara sukarela dengan dorongan diri sendiri memberanikan diri untuk dilakukan pengambilan sampel darah guna pengecekan di Laboratorium Puskesmas Beru.

Baca juga: Hilangkan Stigma, Warga Binaan Rutan Maumere Baksos di Paroki Kewapante

 

Karutan Maumere Antonius Semuki menyampaikan apresiasi penyuluhan kesehatan ini karena menjadi penting dimana WBP didalam Rutan berasal dari katar belakang berbeda dan akan hidup berdampingan selama menjalani masa Pidana di Rutan Maumere.

”Terimakasih terkhususnya untuk sosialisasi HIV dan pelaksanaan VCT mobile ini, Warga Binaan Rutan Maumere datang dari latar belakang yang berbeda beda oleh sebab itu deteksi dini terhadapat penyakit menular dalam hal ini HIV sangat penting dikarenakan didalam Rutan mereka hidup berdampingan, terimakasih sekali lagi kepada Puskesmas Beru yang siap dan tanggap untuk mendeteksi guna menghindari penyebaran penyakit ini," ungkapnya.

Kegiatan ini terlaksana berkat sinergitas Rutan Maumere bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dalam hal ini Puskesmas Beru.

Perlu diketahui bahwa, Karutan Anton selama menjabat telah melangsungkan berbagai Program di Rutan Kelas IIB Maumere guna menghilangkan stigma kalau warga binaan masyarakat (WBP) akan berubah perilaku usai menjalani hukuman atas perbuatan pidana.

Baca juga: Karutan Maumere Terima Kunjungan Silaturahmi Danlanal Maumere yang Baru

Salah satu program nyata yang dilakukan Rutan Maumere yakni melaksanakan bakti sosial (Baksos) di tempat umum dan tempat keagamaan.

Pada Selasa, 27 September 2022 lalu, WBP kembali menggelar baksos di Paroki Reinha Rosari Kewapante, Kecamatan Kewapante, Sikka.

Selain itu kegiatan sosialisasi yang disebutkan di atas juga bagian dari upaya pihak Rutan Maumere menjaga kesehatan dari para WBP.

"Kita selalu menghadirkan program program terbaik dan berkualitas yang bermanfaat untuk para WBP selama berada di Rutan maupun di luar nanti. Dan kita bersyukur bahwa sejauh ini berjalan lancar banyak WBP yang merasakan dampak positif dari program yang kita buat dan laksanakan," tutupnya. (Cr1)

 

Berita Sikka Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved