Berita Sikka

23 Karyawan Non Nakes RSUD TC Hillers Maumere Sumpah Jaga Rahasia Medis

"Semua yang mengambil sumpah hari ini wajib menjaga data rekam medis pasien, kecuali untuk kepentingan tertentu

Editor: Hilarius Ninu
TRIBUNFLORES.COM/MARIA MANGKUNG
PENGAMBILAN SUMPAH - Sebanyak 23 karyawan non tenaga kesehatan RSUD dr. T.C Hillers, sedang mengikuti profesi pengambilan sumpah menjaga kerahasian data rekam medis pasien di Aula lantai III, Senin 9 Januari 2023. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Maria Mangkung

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Sebanyak 23 karyawan non Tenaga Kesehatan (Nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. T.C Hillers Maumere, mengambil sumpah menjaga kerahasian data rekam medis pasien di Aula lantai III, Senin 9 Januari 2023.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 12.00-13.00 wita ini, bertujuan untuk menjaga privasi dan kerahasiaan data serta informasi pasien pada RSUD dr. T.C Hillers.

Hadir dan sekaligus mendampingi profesi pengambilan sumpah adalah Direktur RSUD dr. T.C Hillers, dr. Clara Francis, yang didampingi jajara direksi RSUD dr. T.C Hillers, dan disaksikan oleh rohaniawan dari Biara Cameliann, Pater Mensianus Aman, MI.

Dalam sambutannya, dr Clara Francis menegaskan kepada semua staf non tenaga kesehatan yang memiliki akses terhadap berkas rekam medis pasien wajib menjaga identitas pasien dan tidak boleh disebarkan pada siapapun.

Baca juga: Imigrasi Maumere Gelar Rapat Rencana Penyerapan Anggaran di Awal Tahun

 

"Semua yang mengambil sumpah hari ini wajib menjaga data rekam medis pasien, kecuali untuk kepentingan tertentu yang sudah diamanahkan oleh undang – undang maupun Permenkes," ucapnya.

Menurutnya kerahasiaan ini harus dijaga seterusnya oleh karyawan baik semasa aktif bekerja maupun sudah tidak lagi bekerja di RSUD dr. T.C Hillers.

"Yang berhak menerima rekam medis pasien itu hanyalah keluarga terdekat. Itu pun harus berdasarkan atas izin para dokter," tuturnya dengan nada tegas.

Dalam arahannya, Direktur menyampaikan harapan agar semua staf bekerja sama dengan baik, demi kenyamanan bersama serta berpegang pada profesionalisme, mengutamakan keselamatan dan kerahasiaan diagnostik pasien.

Pada saat pengambilan sumpah para karyawan mengenakan atasan putih polos dan bawahan berwarna hitam.

Karyawan non tenaga kesehatan yang diambil sumpah adalah mereka ynga memiliki akses terhadap berkas rekam medis dan ruang penyimpanan berkas rekam medis pasien yang terdiri dari petugas administrasi, staf keuangan, customer service, staf IT, staf penjaminan dan cleaning service.

Berita Sikka Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved